Home » » Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Terimakasih Sahabat Kicau sudah mau mampir ke blog saya ini. Kali ini saya akan membahas tentang Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy. Tahukah Sahabat Kicau bahwa Kenari fife fancy mempunyai nama latin Fife Fancy Canary. Kenari fife fancy juga memiliki beberapa keunikan dan keistimewaan. Kenari fife fancy masuk dalam varietas postur/posture variety karena sengaja dikembangkan/diternak untuk mendapatkan bentuk postur tubuh yang bagus, dan tidak mengutamakan suara maupun warna bulunya. Selain itu Kenari Fife Fancy merupakan salah satu jenis burung Kenari yang cocok dipelihara oleh peternak pemula. Hal ini disebabkan karena Kenari Fife Fancy tidak rewel dan mudah dipelihara. Selain itu, mereka tidak rentan terhadap penyakit, memiliki aneka warna, serta memiliki suara yang indah (khusus jantan). Mereka juga mudah diternak dan mudah dalam membesarkan anak-anaknya.  Baca juga info menegenai Ciri-ciri dan Keunggulan Kenari Belgia.

Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

 Ciri-Ciri Dan Keunggulan Kenari Fife Fancy

Kenari fife fancy dikembangkan pada sekitar tahun 1950 di daerah Fife di Skotlandia. Pada dasarnya, Kenari fife fancy sama persis dengan Kenari border/border canary, hanya saja ukuran Kenari fife lebih kecil yaitu 11 cm panjangnya. Meskipun kecil, Kenari fife tetap banyak peminatnya karena memang bentuknya yang unik dan lucu. Banyak Sahabat Kicau yang menganggap Fife Fancy Canary merupakan versi mini dari Kenari Border. Hal ini tak mengherankan karena selain ukuran Kenari Fife Fancy yang lebih kecil (sekitar 4,5 inchi atau 11 cm, kedua jenis Kenari ini memiliki banyak kemiripan. Kenari Fife Fancy tersedia dalam banyak warna, seperti putih, kuning, biru, coklat, dan lain-lain. Kenari fife fancy mempunyai ciri-ciri fisik yang bisa dilihat secara langsung. Beberapa ciri khas Kenari fife fancy antara lain :

  • Berukuran panjang maksimal 11 cm
  • Bulu sayap berwarna putih
  • Bulu ekor berwarna putih
  • Mempunyai variasa warna yang luas, seperti kuning, putih, hijau, coklat, abu-abu, dan bont/variegata/kombinasi.

Jika Sahabat Kicau ingin beternak Kenari fife fancy ini sebenarnya cukup mudah, karena Kenari ini dapat menghasilkan 3-4 telur dalam satu kali periode bertelur. Variasi bulunya pun sangat banyak sehingga banyak Sahabat Kicau yang ingin memilikinya. Pada dasarnya semua Burung Kenari suka ditempatkan di ruang yang lapang. Dan terlebih lagi jika diberikan tangkringan dengan tinggi dan ukuran yang berbeda sebagai tempat tidur. KSahabat Kicaung juga sebaiknya diletakkan di tempat yang tinggi sehingga Kenari, khususnya Kenari fife fancy bisa melihat kebawah pada kita saat bernyanyi. Sedangkan untuk Makanan utama burung Kenari Kenari Fife Fancy adalah canary seed dan rape seed. Kenari juga sebaiknya diberi vitamin secara berkala. Selain itu, berikan sayuran hijau setiap hari dan selingi dengan pemberian sotong. Kenari juga suka mandi, jadi berikan tempat air khusus untuk mandi. Bersihkan sangkar secara rutin, dan jangan lupa potong kuku Kenari yang mulai memanjang.  Baca juga info menegenai Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari.
Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy

Burung Kenari Fife Fancy Canary tidak membutuhkan mainan, cermin dan hiburan-hiburan lainnya. Hidup Kenari Fife Fancy Canary sebagian besar dihabiskan dengan bernyanyi. Namun, jika Sahabat Kicau berniat untuk melombakannya dalam sebuah kontes bernyanyi, Fife Fancy Canary perlu ditraining secara khusus. Berikut akan saya berikan tips untuk memperindah Kicau Kenari, khususnya Kenari Fife Fancy.

Yang pertama adalah berikanlah kebutuhan dasar Kenari. Kenari Fife Fancy harus terpenuhi kebutuhan dasarnya agar mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus, antara lain: air minum (air tawar), makanan (biji-bijian Kenari), kandang bersih, tempat yang memiliki pencahayaan yang baik.

Yang kedua Buat suasana menyenangkan. Kondisi lingkungan juga akan dapat mempengaruhi kualitas Kenari dalam berKicau, oleh karena itu sebaiknya tempatkan Kenari Fife Fancy pada tempat yang terasa nyaman/tenang. Penuhi kebutuhan gizi Kenari, seperti dengan memberikan Eggfood (kuning telur) dan sayur-sayuran. Untuk memancing Kenari dalam bernyanyi, bisa anda putarkan audio atau suara Kenari (penting: pilih jenis suara Kenari yang indah). Pemutaran audio ini juga dijadikan untuk memaster burung (baca juga artikel Suara Kenari Untuk Master), terutama jika masih dalam kondisi anak.

Selanjutnya Lakukan interaksi dengan burung Kenari Fife Fancy. Agar ada keterikatan antara anda dan burung peliharaan, cobalah untuk sering berinteraksi misalnya berbicara dengan suara lembut, lakukan gerakan tubuh dengan tenang saat dekat dengan kandang agar burung merasa aman, dan bersiul dengan nada seperti pada audio yang biasa anda putar untuk Kenari anda. 

Keempat adalah Sahabat Kicau harus tau Masa terbaik Kenari Fife Fancy dalam bernyanyi. Kenari jantan mengeluarkan Kicauannya dengan lantang atau optimal diantara usia 6 bulan keatas. Pada usia tersebut merupakan masa pubertas, dimana kebutuhan biologis Kenari dalam memanggil lawan jenis atau pasangannya. Kenari jantan berKicau adalah untuk menarik pasangannya, oleh karena itu jika dalam kandang ada pasangannya maka dipastikan akan jarang sang jantan akan mengeluarkan Kicauannya. Jika anda menginginkan burung tetap bernyanyi maka jangan dekatkan dengan Kenari betina.  Baca juga info menegenai Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire.

Masa Kenari Fife Fancy berhenti bernyanyi. Burung Kenari akan jarang bahkan berhenti atau biasa disebut dengan macet bunyi dalam mengeluarkan Kicauannya biasanya pada saat burung sedang mengalami mabung (ganti bulu). Karena pada saat mabung, burung akan membutuhkan energi untuk pertumbuhan bulu daripada untuk menarik pasangannya. Pada saat burung sedang mabung sebaiknya berikan makanan tambahan berprotein (telur, canary seed). Selain itu, berhentinya Kenari dalam berKicau juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan yang menurun (sakit) dan saat sedang menempati kandang baru (dibutuhkan penyesuaian lingkungan agar burung kembali bernyanyi).

Burung Fife Fancy Kenari bisa tumbuh dengan sehat jika ditempatkan di lingkungan yang baik serta diberi pakan yang berkualitas. Hindari menempatkan Kenari di tempat yang basah, dingin, serta berangin karena bisa membuat fisik burung Kenari drop. Selain itu, pastikan burung Kenari Sahabat Kicau aman dari gangguan predator, seperti tikus serta hewan lainnya.

Jika Sahabat Kicau ingin memelihara Kenari Fife Fancy. Sahabat Kicau bisa mendapatkan Kenari Fife Fancy dengan harga yang tidak mahal, dengan kisaran harga sekitar 200 – 1 jutaan Kenari Fife Fancy ini biasanya bisa diperoleh di peternak, kontes burung,klub burung, serta melalui internet.

Demikian Sahabat Kicau ulasan mengenai Ciri-Ciri Dan Keunggulan Serta Cara Memperindah Kicau Kenari Fife Fancy, semoga bermanfaat bagi Sahabat Kicau sekalian. Baca juga info menegenai Keunggulan dan Cara Beternak Kenari Red Siskin.

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *