Home » » Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire

Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire

Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire

Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire

Halo Sahabat Kicau, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire. Fakta unik mengenai Kenari Lancashire yang perlu Sahabat Kicau tau adalah bahwa Kenari Lancashire merupakan salah satu jenis Kenari terbesar di dunia. Kenari Lancashire ini panjang tubuhnya mencapai 20 cm lebih. Kenari Lancashire awalnya disebut-sebut Coppy Manchester atau Manchester Fancy karena Kenari tersebut banyak sekali dikembangkan oleh para peternak Kenari di daerah itu. Julukan untuk Kenari Lancashire adalah "bangkit dari kepunahan". Hal ini diberikan kepada Kenari Lancashire karena dulu Kenari Lancashire ini selalu digunakan untuk mengembangkan jenis / varietas lainnya. Ironisnya, tak ada yang membiakkan lancachire secara murni, sehingga varietas ini dianggap sudah punah semasa Perang Dunia II. Kenari Lancashire yang ada saat ini pun merupakan hasil rekonstruksi dari keturunan-keturunan induknya yang pernah memberikan kontribusi di masa lalu. Baca juga artikel mengenai Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Perlu Sahabat Kicau tau bahwa Kenari Lancashire sudah ada di Inggris sejak abad ke-18. Sekitar tahun 1870, varietas ini banyak digunakan untuk mengembangkan jenis Kenari lainnya seperti crested, norwich, dan yorkshire.Namun banyak penangkar yang melakukan perkawinan silang (persilangan / crossing) , sehingga jumlah Lancashire galur murni (standar) pun menurun drastis, dan dinyatakan punah pada masa Perang Dunia II. Baca juga artikel mengenai enis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari.

Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire

Karaktertistik Kenari Lancashire

Sebutan lain bagi Kenari Lancashire adalah raksasa yang mewah. Selain memiliki tubuh yang besar dan panjang, Kenari Lancashire juga sangat indah yang membuat para pecinta burung terpesona melihatnya. Maka tak heran jika Kenari Lancashire sering disilangkan dengan Kenari jenis lain untuk menghasilkan anakan/keturunan tertentu. Ada dua macam Kenari Lancashire, yaitu Lancashire coppy (yang berjambul) dan Lancashire plainhead (tanpa jambul). Baca juga artikel mengenai Keunggulan dan Cara Beternak Kenari Red Siskin.

Breeding atau pengembangbiakan Kenari Lancashire ini telah banyak menghasilkan jenis Kenari yang juga berbadan besar. Misalnya persilangan antara Kenari Lancashire dengan Kenari yorkshire. Memang sekilas penampilan Kenari Lancashire mirip Kenari yorkshire. Tapi jika diperhatikan dari dekat akan tampak beberapa perbedaan, antara lain:
  • Leher lebih panjang dan lebih tebal.
  • Bentuk dada lebih bulat dan berisi.
  • Bulu–bulu lebih halus.
Burung Kenari Lancashire juga memiliki beberapa karakteristik yang berbeda dengan Kenari jenis lainnya, misalnya badan yang selalu tegak dan gagah. Bagi Sahabat Kicau yang ingin tahu lebih jelas tentang Kenari Lancashire, berikut ini beberapa ciri khas dan karakteristiknya :
  1. Memiliki kepala yang besar dan panjang.
  2. Memiliki leher yang tebal.
  3. Memiliki bulu yang lembut.
  4. Memiliki bahu yang tegak.
  5. Memiliki punggung yang lebar.
  6. Memiliki sayap yang panjang.
  7. Memiliki ekor yang panjang.
  8. Biasanya berwarna kuning.


Cara Merawat Kenari Lancashire

Banyak Sahabat Kicau yang membuat kesalahan dengan berpikir bahwa berternak Kenari Lancashire adalah hal yang mudah. Mereka berpikir “Sahabat hanya membutuhkan seekor Kenari Lancashire jantan dan Kenari Lancashire betina, mencampurnya dalam sebuah sangkar dengan sebuah sarang dan biarkan alam yang akan mengatur.” Burung Kenari Lancashire memang mudah dirawat dan membutukan ruang yang tidak besar untuk membuat mereka tetap aktif dan sehat. Akan tetapi seekor Kenari Lancashire sangat tergantung dari cara pemilik merawat dan dapat hidup antara sepuluh sampai empatbelas tahun, jika dirawat dengan baik dan benar. Cara merawat Kenari ala orang Rusia akan di kupas dan Kenari akan hidup sehat, aktif dan berproduksi bila pemilik memberikan pakan berkomposisi benar, merawat dengan benar untuk menghindari penyakit, cukup ruang untuk terbang dan beraktifitas dan dipelihara di ruang yang aman dan bercahaya. Baca juga artikel mengenai Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Kenari Merah (Red Factor Canary) dan Cara Merawat Kenari Merah (Red Factor Canary).

Pertama adalah dari pakan Kenari Lancashire. Kenari Lancashire membutuhkan pakan yang seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Bijian adalah pakan pokok bagi Kenari . Hari ini banyak produsen pakan Kenari yang menghasilkan pakan bijian siap pakai. Campuran bijian ini biasanya memakai canary seed, biji sawi, hemp seed (biji rami, di sini sering disebut fumayin), niger seed dan flex seed (di sini sering disebut lin seed, dari bahasa belanda: lijn zaad). Penulis setuju bahwa pakan ini adalah baik tetapi dia membuat campuran bijian sendiri dengan perbandingan: 35% biji sawi, 35% canary seed, 10% haver (biji gandum), 10% millet putih, 5% flax seed dan 5% niger seed, campuran ini diberikan setiap hari sebanyak 1 sendok teh.

Seperti pada burung peliharaan lain, burung Kenari Lancashire membutuhkan lebih daripada campuran bijian ini saja. Sayur hijauan (daun selada, bayam dan brokoli), wortel dan buah (apel, buah pear atau strawberry) diberikan sebagai tambahan setiap hari dan sekali seminggu diberikan telur yang telah dicampur dengan tepung roti dan hemp seed. Tambahan protein sangat diperlukan selama musim kawin, pada musim ini perlu ditambah sejumlah canary seed dalam pakan bijian. Kecambah dari bijian juga diberikan sebagai tambahan protein dan enerji di waktu menjodohkan burung. Grit harus disediakan sepanjang waktu. Air minum juga harus tersedia kapan saja dan diganti setiap harinya. Jika seekor Kenari hidup tanpa air lebih dari enambelas jam kemungkinan besar nyawanya tidak akan tertolong lagi. Air minum seyogyanya diberikan dari air yang bersih atau bermineral.

Yang kedua adalah SANGKAR Kenari Lancashire. Burung Kenari Lancashire harus dipelihara dalam sangkar yang cukup untuk keterbatasan mereka terbang dan paling tidak mempunyai dua tangkringan. Sangkar Kenari yang ideal untuk harian minimal berukuran panjang 40 cm, lebar 202cm dan tinggi 25 cm. Sangkar berbentuk kotak sangat dianjurkan karena sangkar ini memberikan ruang terbang yang lebih luas, sangkar berbentuk bulat sangat tidak ideal. Tangkringan dapat dibuat dari berbagai macam bahan tetapi yang dianjurkan adalah dari kayu yang lunak. Kenari betina, Kenari ngurak dan anakan harus dipelihara dalam sangkar umbaran (voliere), terutama bagi anakan harus dipelihara sampai selesainya ganti bulu muda. Sangkar umbaran dianjurkan minimal berukuran 100 x 45 x 50 cm. 

Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire


Sangkar Kenari Lancashire harus tetap bersih, membersihkan sangkar dan tangkringan dianjurkan setiap seminggu sekali. Hal lain yang penting adalah pakan dan minum harus bersih setiap saat, juga selalu memberikan tempat mandi. Perlu diingat bahwa tempat mandi dan air minum harus diawasi agar tetap bersih. Tempatkan sangkar di daerah yang terang atau banyak cahaya. Kenari sensitive terhadap gas dan racun lainnya. Berhati-hatilah dengan pengharum udara, pewangi, parfum dan bahan lain yang mudah menguap. Dapur bukanlah tempat yang tepat untuk memelihara Kenari Lancashire. Baca juga artikel mengenai Prilaku Kenari dan Kebiasaan Kenari.

Demikian artikel mengenai Karaktertistik Dan Cara Merawat Kenari Lancashire. Semoga bermanfaat vagi Sahabat Kicau semua. Baca juga artikel mengenai Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina dan Ciri - Ciri Burung Kenari.

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *