Home » , , » Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari

Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari

Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari

Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari

Halo Sahabat Kicau, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari. Burung Kenari yang notabennya berasal dari daerah hutan terbuka dan makanan aslinya adalah biji-bijian, buah-buahan, serangga-serangga kecil dan sarangnya terbuat dari dedaunan dan serat kayu. Burung Kenari ini adalah merupakan anggota dari kelompok gelatik yang sangat riang bernyanyi. Kenari saat ini yang berada di Indonesia sudah merupakan keturunan Kenari-kenari liar yang berasal dari Kepulauan Canary. Sebelum kita membahas tentang Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari, alangkah baiknya kalau kita tau tentang asal usul kenari. Baca juga artikel mengenai Keunggulan dan Cara Beternak Kenari Red Siskin.

Sedangkan Kepulauan Canaria itu sendiri terdiri dari tujuh pulau vulkanik yang terletak di Samudra Atlantik, sebelah barat laut pesisir Afrika ( Maroko dan Sahara Barat), kepulauan ini termasuk dalam wilayah Spanyol dan merupakan salah satu komunitas otonomi negara itu. Kepulauan Canaria juga diklaim oleh Maroko. Awal cerita tentang Burung Kenari ini pada tahun 1478 kepulauan Canary ditaklukan oleh Spanyol, kemudian Kenari liar yang berhasil di tangkap di ternakkan di Spanyol, dan suatu hari kapal Spanyol yang membawa barang dagangan Burung Kenari kandas di dekat Pulau Elba, Italia dan akhirnya Burung Kenari tersebut banyak yang terbang dan lepas ke Pulau Elba akhirnya berkembang biak di pulau tersebut, bangsa Spanyol hampir kurang lebih seabad lamanya menguasai perdagangan Burung Kenari di Dunia. Baca juga artikel mengenai Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Kenari Merah (Red Factor Canary) dan Cara Merawat Kenari Merah (Red Factor Canary).

Hingga akhirnya Bangsa Italia dan Jerman pun ikut juga dalam menernakkan Burung Kenari sekaligus memperdagangkannya ke seluruh Eropa, yang pada akhirnya banyak istilah Burung Kenari Holland, Jerman, Kenari Rusia dan Belgia, ada juga Kenari Norwich, Kenari Yorkshire, Kenari Gloster dan Burung Kenari Roller. Di Indonesia lebih di kenal dengan Kenari Fusan atau Kenari Taiwan Yorkshire dan persilangannya, karena bangsa Eropa ini membawa Burung Kenari berkeliling dunia sebagai burung peliharaannya hingga sampai dim Indonesia, China Selatan serta India, sedangkan di Indonesia sendiri kenari ini tersebar ke daerah Jawa, Kalimantan serta Pulau Sumatera.

Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari


Dari cerita diatas dapat disimpulkan bahwa Makanan Burung Kenari aslinya adalah biji-bijian, buah-buahan, serangga-serangga kecil. Akan tetapi bagaimana dengan Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari yang di sangkar. Oleh sebab itu Sahabat Kicau juga harus tau alternatif makanan apa yang cocok untuk kenari dan apa saja vitamin yang harus di penui oleh kenari.  Baca juga artikel mengenai Prilaku Kenari dan Kebiasaan Kenari dan Jenis-jenis Kenari lengkap dengan keunggulan masing-masing.

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal Jenis-Jenis Makanan Burung Kenari adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial. Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diperlukan Burung Kenari adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. Berikut adalah resep bagaimana mencukupi kebutuhan gizi terutama pada anakan kenari agar pertumbuhannya maksimal nantinya. (Resep ini bisa didapat di Puri Kenari jika anda mengunjungi kami nantinya). 

Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari

Jenis-Jenis Makanan yang sesuai untuk Burung Kenari : 


  1. Bijian Mix. Pakan utama Burung Kenari ini adalah canary seed. Tetapi kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual di pasaran.
  2. Sayuran dan buah-buahan. Burung Kenari sangat menggemari sayur dan buah-buahan seperti: daun pok choy, selada, daun sawi, gambas, mentimun, paprica, wortel, buah apel, buah pir, jagung muda. Warna yang cerah pada bulu kenari akan timbul apabila anda secara rutin memberikan makanan berupa sayuran berwarna hijau tua.
  3. Telur dan Kroto. Pada kondisi tertentu, kedua pakan ini sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan, vitalitas fungsi-fungsi organ Burung Kenari. Telur dan kroto tidak boleh berlebihan dalam pemberiannya, karena dapat mengakibatkan kegemukan pada Burung Kenari. Kegemukan pada burung bisa berimbas pada suara yang melemah untuk burung jantan, dan bagi betina bisa mengakibatkan susah bertelur, dan kadang telur menjadi sulit dibuahi. Jadi supaya tetap terjaga, untuk burung dewasa, berikan telur puyuh setengah iris sekali seminggu. Apabila terlanjur kenari kegemukan, jangan lagi berikan telur, tapi perbanyak serat berupa sayur dan buah-buahan.
  4. Roti kering. Disamping menggemari pakan-pakan diatas, Burung Kenari juga menyukai roti kering (jangan berikan roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi).


Minuman yang sesuai untuk Burung Kenari : 


  1. Banyak pemilik kenari yang melakukan kesalahan fatal dalam perawatan Burung Kenari, yaitu lupa mengisi air minum atau mengganti air yang sudah kotor. Burung Kenari adalah burung yang sangat memerlukan air untuk tetap hidup, dan juga kenari seringkali terlihat mandi di cepuk tempat minumnya. Jadi dijaga jangan sampai tempat minum kosong dan kotor.
  2. Seminggu sekali campurkan minuman larutan penyegar yang tanpa rasa dengan perbandingan 1:5 dengan air biasa. Terutama dimasa musim kemarau yang panjang dan panas yang terik, Burung Kenari perlu cairan yang baik dan menyehatkan. Hal ini juga untuk menjaga agar tubuh kenari tetap fit di musim kemarau yang terik.
  3. Vitamin bisa diberikan pada kenari untuk menjaga sistem metabolismenya bisa berjalan dengan baik, vitamin komplit memang banyak ditawarkan oleh merk-merk terkenal untuk perawatan hewan dan burung, tapi taukah sahabat kicau jika ternyata vitamin untuk anak ternyata terbukti juga sangat baik pada Burung kenari (disini saya menggunakan Biolysin vitamin anak) Dengan takaran untuk 1 gelas aqua tanggung diberikan 2 sendok makan vitamin, seminggu sekali. Ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga kenari tetap sehat, fit dan menjaga pertumbuhan lebih baik. Satu hal yang penting, ketika memberikan vitamin ini, ke dalam tempat minum burung di pagi hari, agar sorenya segera di buang dan diganti air biasa. Ini penting untuk senantiasa menjaga kebersihan air bagi burung.


Sahabat Kicau, pada umumnya jika Burung Kenari sudah dirawat dengan baik, mulai dari pemberian makan, menjaga kebersihan dan keamanan baik burung maupun sangkarnya, kemungkinan burung terserang penyakit sangat kecil. Namun, tidak ada salahnya jika diberikan juga beberapa Vitamin Burng Kenari yang dapat membantu mengatasi segala jenis gangguan penyakit yang biasa digunakan untuk  Burung Kenari. 

Berikut ini beberap jenis Vitamin Burung Kenari   :

  1. Membantu pertumbuhan bulu. Kondisi bulu sangat mempengaruhi penampilan burung, apalagi bagi kenari yang diandalkan keindahan bulunya. Sementara kenari yang diinginkan suaranya saja jika kondisi bulunya rusak atau ngurak juga enggan berbunyi. Untuk membantu pertumbuhan bulu agar subur serta mempunyai daya tahan yang kuat dapat menggunakan Juvero Powder, Canary post, dan Growvit.
  2. Menambah nafsu makan . Beberapa penyakit juga menyebabkan hilangnya nafsu makan atau sebaliknya akibat nafsu makan berkurang dapat terserang penyakit, guna meningkatkan nafsu makan Burung Kenari dapat menggunakan Growvit, Teravit, dan Wonder Vitamycin Powder. Baca juga mengenai Penyebab Kematian Pada Burung.
  3. Mengatasi gangguan bakteri atau virus.  Banyak penyakit yang ditimbulkan akibat serangan bakteri atupun virus yang dapat ditanggulangi dengan menggunakan beberapa jenis obat-obatan. Sulfamix dapat digunakan untuk mengatasi berak kapur, berak darah, berak hijau, muka bengkak, dan CRD. Teravit bisa membantu menyembuhkan berbagai macam infeksi, gangguan pernafasan, ngantuk, dan mencret. Sementara Vita Tetra Chlor dapat digunakan mengobati jengger biru, mencret, berak hijau, pilek, stres (akibat perjalanan jauh), serta gangguan lainnya.
  4. Mengatasi gangguan parasit.  Penyakit pada Burung Kenari ada juga yang disebabkan oleh serangan parasit. Kutu dapat dibasmi dengan Rodalon, sedangkan untuk membasmi kuman-kuman dalam sangkar atau kandang selain Rodalon dapat juga digunakan Asepto, Dettol, dan Amplexol. Sementara untuk cacingan dapat diatasi dengan menggunakan Stop Worm, Worm-X, Vermok, dan Tri Worm.
  5. Mengatasi kekurangan vitamin dan mineral Burung Kenari.  Keberadaan vitamin dan mineral dalam tubuh kenari dapat menjaga staminanya selalu prima. Kekurangan vitamin dan mineral bisa mengakibatkan kesehatan burung terganggu. Ada beberapa jenis penyakit yang diakibatkan kekurang vitamin di antaranya ophtalmia (karena kekurangan vitamin A), polyneuritis (karena kekurangan vitamin B), rachitis (karena kekurangan vitamin D), dystropia (karena kekurangan vitamin E), haemorrhagic disease (karena kekurangan vitamin K, serta beberapa gangguan akibat kekurangan mineral, yaitu rachitis (karena kekurangan calsium), perosis (karena kekurangan mangan), anemia (karena kekurangan ferrum), depigmentasi(karena kekurangan cuprum), dan gondok (karena kekurangan yodium). Untuk mengatasi gangguan kekurangan vitamin dan mineral dapat diberikan beberap vitamin dan mineral sintetis. Misalnya, AD-plek, Vitavit, Supervit Drops, B-kompleks, dan mineral B-12. Pemberian vitamin dan mineral dapat dicampur kedalam pakan atau air minum sesuai dengan petunjuk yang ada.


Demikian ulasan mengenai Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari, semoga bermanfaat bagi Sahabat Kicau sekalian. Baca juga artikel mengenai Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina, dan Ciri - Ciri Burung Kenari.

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *