Home » » Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Halo Sahabat Kicau, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border. Burung Kenari Boder mempunyai Nama Latin yaitu Serinus canaria domesticus. Kenari Border (Border Fancy Canary) juga merupakan salah satu jenis burung kenari terpopuler di dunia saat ini. Karena termasuk dalam “type canary”, atau varietas jenis, Kenari Border diternak karena tidak hanya penampilan fisiknya yang lucu tetapi juga karena suaranya yang sangat merdu dan mudah untuk di masterkan. Burung Kenari Boder memiliki tubuh bulat yang menggemaskan serta bulu yang mengkilap. Meski seringkali terlihat dengan bulu kuning, sebenarnya Burung Kenari Boder juga bisa ditemukan dalam warna lainnya. Baca juga artikel mengenai  Jenis-Jenis Makanan dan Vitamin Untuk Kenari.

Tidak hanya warnnya yang indah, dan juga bentuk tubuhnya yang unik, akan tetapi juga mempunyai harga yang cukup menggiurkan. Harga untuk Burung Kenari Border dewasa yaitu sekitar 1,3 sampai dengan 2 juta rupiah. Sedangkan harga anakan Burung Kenari Boder adalah 600 sampai 1 juta rupiah. Maka tidak heran bahwa Burung Kenari Boder ini banyak di budidayakan. Baca juga artikel mengenai Keunggulan dan Cara Beternak Kenari Red Siskin.

Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border.

Ciri-ciri Burung Kenari Border

Sebelum kita membahas tentang Ciri-ciri Burung Kenari Border. Sahabat kicau mungkin tidak tau bahwa Burung Kenari Boder itu memiliki sejarah yang unik. Sebenarnya ada sedikit catatan sejarah tentang Burung Kenari Boder. Disebutkan dalam salah satu sumber bahwa kenari ini berevolusi dari kenari biasa pada akhir abad 17 hingga awal abad ke-18 di perbatasan Inggris dan Skotlandia. Nama dan standarisasi dari Burung Kenari Border mulai diberlakukan pada tahun 1889 di Langholm, sebuah kota di perbatasan Inggris dan skotladia. Nama itu juga diresmikan bersamaan dengan berdirinya Border Fancy Canary Club pada 5 Juni 1890.

Ciri-ciri Burung Kenari Border diantaranya memiliki bentuk tubuh bulat yang unik. Meski pada awalnya kenari ini memiliki panjang tubuh sekitar 4,5 inchi, saat ini ukurannya sudah lebih besar, sekitar 5,5 inchi atau 14 cm. Bulu dari Kenari Border pada umumnya berwarna kuning, namun mereka juga bisa ditemukan dengan bulu berwarna putih, kuning, hijau, coklat, dan lain-lain. Dalam ajang kontes, biasanya burung yang memiliki sedikit unsur warna merah pada bulu cenderung didiskualifikasi. Baca juga artikel mengenai Kelebihan Yang Dimiliki Oleh Kenari Merah (Red Factor Canary) dan Cara Merawat Kenari Merah (Red Factor Canary) .

Burung kenari border juga memiliki suara yang cukup bagus, serta cukup mudah untuk dimaster dengan berbagai suara masteran. Bagi sobat yang ingin mendapatkan suara masteran kenari, maka bisa anda dapatlkan beberapa suara masteran kenari, diantaranya adalah suara kenari yorkshire, kenari holland, kenari f1 dan lain sebagainya. Karena Burung Kenari Boder merupakan jenis kenari yang mudah dilatih atau dimaster, berhubung juga memiliki suara yang bagus, maka tak sedikit yang mengikutsertakan kenari ini dalam beberapa even/kontes kenari. Lagu Kenari Boder khas dengan nadanya yang berombak, sehingga terdengar sangat merdu dan memukau. Sehingga wajar bila kenari yang satu ini menjadi incaran para kicau mania khususnya pecinta burung kenari. Dari segi perawatan, kenari border juga cukup mudah dan hampir sama dengan perawatan burung kenari pada umumnya.

Pernahkah sahabat kicau melihat serial film tweety? Si burung kecil berwarna kuning yang selalu dikejar-kejar oleh kucing. Ya, Burung kenari border pernah dibuat karakter dalam film "Tweety" yang bertubuh kecil, lincah, indah, berwarna kuning dan sering berkicau. Burung kenari border memang memiliki tubuh yang kecil, tetapi sangat indah. Ada anggapan bahwa Burung kenari border sangat mirip dengan kenari gloster, dan yang membedakan keduanya adalah bentuk kepalanya.


Karakter Burung Kenari Border 

Bagi sahabat kicau yang ingin atau sedang memelihara Burung Kenari Border sangat lah penting untuk mengetahui Karakter Burung Kenari Boder. Agar peforma dan kesehatannya trus terjaga dan tidak mudah sakit. Berikut ini beberapa Karakter Burung Kenari Border : 
  1. Cenderung pendiam dan pemalu, karena Burung Kenari Border sendiri lebih pasif.
  2. Jangan tempatkan bersama burung parkit, lovebird, dan hookbills. Karena ketiga burung tersebut sangat agresif dan dapat membuat kenari border down/stress.
  3. Bisa ditangkarkan bersama jenis kenari lain, burung kutilang, dan hardbills lainnya.
  4. Setiap hari selalu mandi, jadi bagi anda yang ingin menangkar kenari border selalu sediakan karamba dan air setiap hari. Karena kebersihan bulu adalah hal utama untuk menjaga bulu tetap indah. Dan setelah mandi jangan lupa di jemur. Efektiifitas penjemuran adalah dari jam 7 sampai jam 10. Dan satu lagi jangan lupa potong kuku kenari yang mulai memanjang.
  5. Kondisi lingkungan tidak boleh terlalu dingin, basah dan berangin, karena akan mengganggu kesehatan dan peforma Burung Kenari Boder. 
  6. Ketika melakukan penjemuran, maka sediakan juga tempat yang agak teduh buat kenari ini Kandang kenari beserta tangkringannya harus selalu dibersihkan tiap hari, agar kenari terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, kuman, maupun virus Burung Kenari Border suka ditempatkan di ruang yang lapang.
  7. Selain itu, jangan lupa berikan tangkringan dengan tinggi dan ukuran yang berbeda sebagai tempat tidur. Kandang juga sebaiknya diletakkan di tempat yang tinggi sehingga kenari bisa melihat kebawah pada kita saat bernyanyi.


Sahabat kicau mungkin ingin tau mengenai cara merawat Burung Kenari Border. Makan pada artikel Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Boder ini akan saya singgung sedikit mengenai Penanganan Khusus Burung Kenari Boder. Mulai dari makanan Burung Kenari Boder. Sebenarnya Makanan utama Burung Kenari Boder adalah canary seed dan rape seed. Kenari juga sebaiknya diberi vitamin secara berkala. Selain itu, berikan sayuran hijau setiap hari seperti : dan selingi dengan pemberian sotong.

Burung kenari Border adalah jenis burung yang tidak rewel. Namun, karena tergolong burung yang pemalu, lebih baik jangan tempatkan kenari bersama burung parkit, lovebird yang secara alami lebih agresif. 

Kenari border jantan perlu ditempatkan di sebuah kandang secara khusus untuk menjaga kualitas suara. Kenari jantan sangat sensitif terhadap daerah kekuasaan sehingga jika ada dua kenari jantan ditempatkan dalam sebuah kandang, maka mereka akan bertengkar. Dalam kandang yang luas, Kenari Border bisa ditempatkan bersama burung kenari kutilang, dan burung kicau lainnya. Baca juga artikel mengenai Prilaku Kenari dan Kebiasaan Kenari.

Burung kenari Border secara umum mudah untuk dijodohkan dan dikawinkan. Proses perkawinan bisa berlangsung dengan mudah jika Anda menyediakan pakan yang berkualitas, pencahayaan yang cukup, serta menyiapkan kondisi lingkungan yang tenang dan aman. Siapkan sangkar khusus untuk tempat kawin kenari. Jika sudah memasuki masa bertelur, burung kenari betina biasanya menghasilkan 3-6 telur dengan frekuensi 1 telur per hari. 

Demikian artikel mengenai Ciri-ciri dan Karakter Burung Kenari Border. Semoga bermanfaat vagi sahabat kicau semua. Baca juga artikel mengenai Jenis-jenis Kenari lengkap dengan keunggulan masing-masing dan Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina.

0 komentar:

Post a Comment

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *