Home » » Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa

Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa

Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa


Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa

Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa - Dengan metoda kawin paksa, hasilnya cukup mengiurkan, anakan ayam ketawa yang baru berkokok saja, harganya bisa mencapai Rp. 500 ribu/ekor. Biasanya dari 20 telur yang dihasilkan dari kawin suntik, bisa dipastikan 3 - 4 butir gagal menetas. Padahal menurut pria bernama lengkap Arman Sitorus ini, sudah pelbagai sperma ayam ia cobakan. Namun hasilnya selalu begitu. Akhirnya ia menggunakan teknik kawin paksa. Dan terbukti cukup ampun untuk menekan kegagalan penetasan. Caranya, dengan mengurung ayam betina. Ketika hendak dikawinkan, ayam tersebut bakal dipegang oleh kedua tangannya. Lalu jantan dikeluarkan dari kandangnya. Dengan sekali gerakan, maka terjadi perkawinan itu. Baca juga cara-membuat-milet-berkualitascara-membuat-mesin-penetas-telur.

Setelah itu tinggal menunggu betina bertelur. Nah, setelah bertelur dikeluarkan semua si induk ayam akan mengerami. Agar proses ini tidak berlangsung lama, ayam tersebutia mandikan. Selepas dimandikan, betina tersebut kemudian dipasok hormon perangsang telur. Kok dimandikan? Karena Arman tak membutuhkan induk betina untuk menetaskan telurnya. “Saya menggunakan mesin penetas telur supaya bisa mengenjot produktivitas si betina,” papar Arman.

Dengan Tips Mudah Beternak Ayam Ketawa di atas (pemandian, pemberian hormon telur, dan mesin penetas), dalam kurun waktu semingu, betina ini siap bertelur lagi.
Tips Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa  - Jangan lupa vaksin

Pada Peluang Usaha Ternak Ayam ini , Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ini dipegang teguh Arman. Begitu anakan ayam menetas, ia melakukan pelbagai langkah pencegahan agar anakan tersebut bisa tumbuh sehat. Alah satunya lewat vaksin. “Kalau sudah berumur lebih dari seulan, vaksin tak bakal berguna lagi. Malah klau kitavaksin, dia jadi sakit”, ujar Arman. Pada awal perkembangannya, ada beberapa vaksin yang diberikan.

Pada Peluang Usaha Ternak Ayam Ketawa ini , Diberikan vaksin Marek. Lalu pada saat usianya 2 hari bisa diberikan vaksin infectious bronchitis. Ketika memasuki usia 5 hari, tak adal salahnya diberikan Newcastle kill. Proses pemberian aneka vaksin ini berhenti ketika anakan menginjak usia 35 hari. Sebelum vaksinasi, perlu diperhatiakn kondisi anakan tersebut. Pastikan dia dalam kondisi sehat. Beberapa peretnak menyarankan berikan antibiotik pada 3 hari pertama. Lalu pada hari ke 4 baru diberikan vaksin. Pemberian vaksin harus dilakukan secara tepat. Karena cara pemberiannya ada yang melalui tetes mata, spray, dan suntik. Pastikan pula anda menyimpan aneka vaksin tersebut secara benar.

Supaya semua kondisi ayam tetap fit, Arman secara rutin mengumbar semua koleksinya. Namun karena lahannya terbatas, langkah ini dilakukan secara bergantian. Pertama adalah semua anakannya.setelah sekitar 1 jam, baru kemudian ayam dewasa. Langkah ini dilakukan pada saat pagi dan sore hari. Baca Juga cara-membuat-mesin-penetas-telurtips-mudah-beternak-burung-jalak-bali dan tips-penangkaran-cepat-burung-jalak.


'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *