Home » » Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan

Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan

Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan

Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan

Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan - Tiga pasangan induk burung jalak bali yang menjadi modal usaha. kini sudah menghasilkan 15 ekor anakan. Padahal, harga sepasang anakan umur 1 minggu bisa mencapai Rp 5 juta. Dan itu dilakukan kurang dari dua bulan. Baca juga artikel mengenai daftar-harga-burung-terlengkap-2016tips-mengatasi-kebotakan-pada-induk-kenari dan tips-melatih-burung-kenari-hibrid.


Berikut adalah Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan :

Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan

Memulai usaha penangkaran burung jalak bali ini dengan membangun tiga petak kandang, sesuai dengan jumlah pasangan yang dimiliki. Memanfaatkan lahan di sekitar rumah.

Setiap petak kandang berukuran panjang 2,5 meter, lebar 90 cm, dan tinggi 2,7 meter. Dalam hal ini, kandang memanjang ke belakang. Jadi, yang terlihat dari depan adalah lebar kandang 90 cm. Petak-petak kandang tersebut disusun secara berjajar.

Dinding belakang serta samping kiri-kanan dari setiap petak kandang terbuat dari batu bata tanpa disemen, sehingga terasa sejuk bagi induk burung di dalamnya. Adapun dinding depan terbuat dari kawat kassa berdiameter kecil. Bagian atas kandang juga ditutup kawat kassa, tapi sebagian ditutup dengan asbes untuk berlindung burung saat hujan atau ketika cuaca panas sekali.

Lantai kandang juga dibiarkan beralas tanah, tidak perlu disemen. Tujuannya supaya kotoran burung bisa cepat terserap tanah, dan segera diurai oleh mikroorganisme dalam tanah. Dengan demikian, lantai kandang relatif terjaga kebersihannya.

Selain dilengkapi kotak sarang, tenggeran, wadah pakan dan wadah air minum, perlu disediakan pula bak mandi di dalam kandang penangkaran. Sebab induk burung jalak bali senang sekali mandi. Yang penting, air di dalam bak mandi harus dalam kondisi selalu bersih.


Meski tidak membutuhkan lokasi khusus, usahakan indukan selalu nyaman di dalam kandang. Dalam hal ini dilakukan dengan memasang kain untuk menutup sebagian dinding depan.

Apabila burung merasa aman dan nyaman, maka pasangan indukan bakal berproduksi secara lancar. Dibuktikannya dalam rentang waktu dua bulan, sudah 15 ekor anakan yang menetas dan bertahan hidup sampai sekarang.

Biasanya induk betina akan bertelur sebanyak tiga atau empat butir. Kebetulan selama dierami oleh induknya, semuanya menetas. Begitu telur menetas, maka induk dibiarkan merawat anak-anaknya hingga enam hari. Pada hari ke-7, Teman kami langsung memanennya. Anakan diangkat bersama bahan sarangnya, kemudian dirawat dalam boks inkubator, dan diloloh sampai bisa makan sendiri.

Begitu anakan disapih atau diangkat dari sarangnya, pasangan induk burung jalak bali akan kawin, dan induk betina akan bertelur beberapa hari kemudian.

Salah satu kunci sukses breeding burung burung jalak bali adalah pemberian pakan yang bergizi dan seimbang, baik untuk pasangan induk maupun anak-anaknya yang disapih. Pakan induk dan anakan sama, hanya porsinya saja yang berbeda. Jenis pakan antara lain voer ayam pedaging, pisang kepok, dan jangkrik.

Voer untuk induk diberikan secara ad libitum, atau selalu tersedia. Begitu melihat voer dalam wadah mau habis, harus segera diisi kembali.

Pisang kepok untuk pasangan indukan diberikan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan sore, masing-masing cukup satu buah saja.

Sedangkan porsi jangkrik untuk setiap induk 20 ekor sehari, diberikan pagi, siang, dan sore hari. Jadi setiap pasangan membutuhkan 40 ekor jangkrik. Sebagian breeder, misalnya Kere Ayem Bird Farm, memberikan jangkrik 30 ekor untuk setiap pasangan. Ini disesuaikan dengan kebiasaan burung saja. baca mengenai perbedaan-warna-burung-lovebird-biru.


Apabila induk sedang bawa anakan, atau ketika anakan baru berumur 1-6 hari, porsi jangkrik harus ditambah menjadi 30 ekor untuk setiap induk, atau 60 ekor untuk satu pasangan induk. Pemberian juga dilakukan tiga kali sehari: pagi, siang, dan sore hari.

Tidak menggunakan kroto. Karena sekarang sulit mendapatkan kroto yang aman, karena ada beberapa kroto yang sudah dicampur bahan pengawet sehingga membahayakan kesehatan.

Harga anakan juga sangat lumyan. Anakan umur 1 minggu dibanderol seharga Rp 5 juta / pasang. Kalau penangkar mau merawatnya sampai umur 2-4 bulan, harga langsung melonjak menjadi Rp 12 juta / pasang.

Demikian Tips Penangkaran Cepat Burung Jalak Bali Kurang Dari Dua Bulan semoga bermanfaat. Baca juga artikel mengenai keunggulan-burung-lovebird-lutino dan tips-mencegah-dan-menyembuhkan-penyakitmata-pada-kenari.
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *