Home » » Tips Cara Beternak Jalak Suren

Tips Cara Beternak Jalak Suren

Tips Cara Beternak Jalak Suren



Tips Cara Beternak Jalak Suren - Setelah mengetahui tentang cara membedakan jenis kelamin burung jalak suren, tentu tidak ada salahnya jika kali ini membahas juga mengenai cara beternak burung jalak suren. Mengingat saat ini populasi liar burung jalak suren sudah sangat berkurang, jadi ada baiknya mari kita berfikir untuk belajar menangkar atau beternak burung jalak suren tersebut. Kemudian hal apakah yang harus kita perhatikan dan lakukan untuk menangkar burung jalak suren, mulai dari sangkar penangkaran dan cara perawatan untuk burung jalak yang sedang kita tangkarkan. Dalam menangkarkan jalak suren, hal-hal berikut ini perlu diperhatikan. dapatkan infa mengenai membedakan jenis kelamin jalak surentips membedakan jenis kelamin burung jalak kebo dan cara melatih jalak-kebo agar bisa bicara




Kandang untuk beternak jalak suren. Model kandang untuk menangkarkan burung jalak suren lebih baik dibuat bentuk meninggi, dengan disediakan tanaman di dalamnya. Untuk tanaman yang berada di dalam sangkar penangkaran dipilih dengan tanaman berdaun lebat dan memiliki cabang banyak seperti pohon karsen, kemuning atau pilih saja tanaman sejenis tersebut. Kemudian bagian bawah kandang penangkaran bisa dibuat memiliki tanaman rerumputan.



Bagian tangkringan atau tempat burung bertengger lebih baik dibuat yang besar, hal tersebut disarankan supaya burung mudah dalam melakukan proses perkawinan. Sedangkan tempat pakan sediakan yang cukup, bersih dan selalu terjaga ketersediaanya, jangan lupa juga sediakan tempat untuk air yang cukup untuk minum dan mandi burung. Buat kandang di tempat yang aman, tersedia sinar matahari secara langsung namun harus juga disediakan tempat berteduh/berlindung bagi burung ketika hujan tiba. Untuk perlengkapan dan pakan di dalam sangkar sangat lebih baik jika kita desain menyerupai alam bebas, sehingga burung lebih nyaman dan serasa berada di alam liar.
Cara efektif menjodohkan jalak suren

Jika kandang dengan pernak-perniknya dirasa sudah siap, tinggal bagaimana cara kita menjodohkan jalak suren supaya jodoh dan bisa berkembang biak dengan baik. Idealnya jalak suren mulai siap berkembang biak dan berjodoh pada usia 10 s/d 12 bulan. Sedangkan untuk jalak suren jantan idealnya pada usia 1.5 s/d 2 Tahun bisa dikatakan siap berbiak dan dijodohkan.

Cara menjodohkan jalak suren bisa dilakukan dengan beberapa cara, jika Anda memiliki calon indukan jalak cukup banyak maka cara menjodohkannya bisa dilakukan dengan cara bebas yaitu, burung dibebaskan mencari jodoh sendiri dengan cara dicampur. Jika ada sepasang jalak suren yang selalu berdekatan dan berkicau saling sahut kemudian bercumbu, maka hal tersebut menandakan kedua burung tersebut berjodoh. Jika Sobat menemui hal tersebut, segera pisahkan kedua burung berjodoh tersebut ke dalam sangkar tersendiri supaya proses perjodohan dan perkembang biakan bisa lebih baik dan tidak terganggu burung jalak lainnya.



Bagaimana jika kita hanya memiliki calon indukan hanya 2 ekor saja, jika kita hanya memiliki calon induk jalak hanya sepasang namun belum berjodoh bagaimana ? cara menjodohkannya dengan memasukkan jalak betina ke dalam sangkar kecil kemudian dimasukkan ke dalam sangkar penangkaran yang sudah berisi jalak jantan. Burung jalak memiliki sifat mudah birahi dan memiliki musim kawin sepanjang tahun, sehingga kedua burung tersebut biasanya mudah berjodoh.



Jika burung jalak sudah berjodoh biasanya akan melakukan perkawinan pada waktu sekitar 2 s/d 4 minggu, kemudian dilanjutkan burung dengan membuat sangkar pada tanaman yang banyak memiliki cabang untuk bertelur. Jadi sebelumnya kita bisa menyediakan terlebih dahulu tatakan sangkar pada dahan-dahan yang kuat di dalam sangkar, untuk merangsang burung membuat sangkar kita juga sediakan bahan-bahan untuk membuat sangkar seperti jerami kering, akar sulur dan daun-daunan kering di dalam sangkar. Jika semua sudah tersedia, biasanya burung akan memilih sendiri tempat yang akan dijadikan sangkar untuk bertelur.

Demikian Tips Cara Beternak Jalak Suren.  baca juga artikel mengenai jenis-jenis burung jalak di unia dan tips melatih burung jalak suren mandi
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

Popular

Powered by Blogger.

Contact Us

Name

Email *

Message *